Kebiasaan yang Baik

Kisah Daud melawan Goliat adalah sebuah kisah yang fenomenal, biasanya orang Kristen akan mengetahui cerita ini, sering sekali juga dibawakan dari sejak sekolah Minggu.

Kalau kita ditanya kok Daud yang badannya kecil bisa menang melawan Goliat yang jelas-jelas lebih besar dan lebih kuat, serta punya pengalaman perang lebih banyak daripada Daud, maka jawaban umum yang kita dapatkan adalah "pertolongan Tuhan"

Ya jawaban itu tidak salah, hanya kali ini saya akan mengupas sedikit dari sudut pandang yang berbeda, kenapa kok Daud bisa menang dan bahkan dia satu-satunya orang Israel yang tidak takut dengan Goliat kala itu

1 Samuel 17
32. Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu."
33. Tetapi Saul berkata kepada Daud: "Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi prajurit."

Daud sangat diremehkan oleh Saul, hampir gak diberi ijin untuk melawan Goliat, namun apa jawaban Daud yang akhirnya bisa meyakinkan Saul?

1 Samuel 17
34. Tetapi Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,
35. maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.
36. Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup."
37. Pula kata Daud: "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu." Kata Saul kepada Daud: "Pergilah! TUHAN menyertai engkau."

Perhatikan apa yang biasa dilakukan Daud sehari2nya :
dia biasa mengejar singa dan bahkan membunuh singa dan beruang
makanya waktu dia lihat Goliat itu mah menurut dia kecil saja dibanding dengan beruang yang dia bunuh

biasa disini adalah kuncinya teman
walaupun Daud belum jadi prajurit, tapi dia melatih dirinya berperang, sehingga pada waktu peperangan itu tiba, dia siap dan dia tidak takut lagi

ya memang smua karena Tuhan, tapi Daud melakukan bagiannya, mempersiapkan diri sampai kesempatan yang dari Tuhan datang, makanya ketika saatnya itu ada, Daud melewatinya dengan baik

kalau kita biasa berdoa, maka pada waktu ada masalah besar tentunya kita akan berdoa
kalau kita biasa bersyukur, maka pada waktu ada kejadian celaka tentunya kita pun tetap bersyukur
kalau kita biasa menyembah Tuhan, maka apapun yang terjadi kita akan tetap menyembah Tuhan

Ini hal sederhanya yang seringkali dilupakan, orang "hanya fokus kepada Tuhan", ke gereja, ikut kebaktian, program, dan acara gereja, tanpa membiasakan dirinya melakukan hal2 yang disuruh oleh Firman Tuhan.

Profetik itu bukan menunggu pasif perintah Tuhan baru bergerak
Tapi profetik itu kita mempersiapkan diri sehingga ketika Tuhan mau melaksanakan rencanaNya kita siap dipakai olehNya
persiapan bertemu dengan kesempatan

So walaupun kita semua sekarang belum ngerti benar rencana Tuhan, ya gpp
tapi biasakan lah dirimu untuk lakukan Firman Tuhan
senantiasa bersyukur
melatih diri memberi, dll dll

sehingga pada waktuNya tiba, Dia akan memanggil anda dan saya, dan kita kedapatan siap didalam Kristus

Tuhan Yesus memberkati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kidung Agung - Song of Solomon - Kisah Cinta Gadis Sulam

Seri Kehidupan Kekal 1 - Tempat Tinggal Setelah Sorga? Ukuran Yerusalem Baru

Mencobai Tuhan - Menguji Tuhan