Ke Gereja Buat Denger Suara Tuhan? Serius?

Buat rekan-rekan seiman tentunya sudah sering mendengar pernyataan seperti itu, bahkan mungkin dari hamba Tuhan (pendeta) langsung, juga mungkin pernah "diajak" sama pendeta yang lagi kotbah di mimbar untuk skedar "berdiam diri" mencoba mendengar suara Tuhan dalam suatu sesi kebaktian gereja, yang lama di kharismatik seperti saya mestinya mengalami.

Oke, sekarang mari saya ajak kita merenungkan hal ini.... benarkah demikian? Benarkah kita ini ke gereja utamanya untuk dengar suara Tuhan?

Kalau saya bilang... bukankah harusnya kita ini setiap saat, setiap waktu, harus mencari suara Tuhan? pada saat di rumah, kantor, sekolah, dimanapun berada juga bisa, ga cuma harus di gereja aja, Itu hal dasar yang wajib setiap orang Kristen lakukan yaitu mencari Tuhan setiap hari.

Apa yang Alkitab katakan tentang gereja (kumpulan orang percaya)?

1 Korintus 14:26 (TB)  Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun. 

Perhatikan : jika kamu berkumpul, kamu harus saling mempersembahkan sesuatu (sesuai karunia masing-masing), dan saling membangun

Kalau dengar suara Tuhan kira-kira kita yang dibangun atau orang lain yang yg dibangun?

Dengar suara Tuhan tuh tiap hari, tiap saat, tiap waktu, jangan cuma di gereja, kalo udah sampai gereja (atau kumpulan orang percaya), harusnya fokus kita itu saling membangun dan melayani satu sama lain, bukannya fokus lagi dengar suara Tuhan, itu mah di rumah aja bisa.

Para pendeta atau hamba Tuhan yang suka kotbah di gereja, trus ngomong dengar suara Tuhan, cek apakah bener ngomong atau cuma mau "pamer" kerohanian? Bukannya harusnya kamu itu dengar suara Tuhan sebelum kamu kotbah? Atau kamu mau bilang Tuhan ngga ngomong ke kamu kecuali saat kamu kotbah? Kamu itu ada di moment yang tepat untuk membangun orang lewat pengajaranmu, bukannya trus tau-tau dengar suara Tuhan lalu (misalnya) mengubah alur acara atau mengubah judul kotbah, dan sejenisnya. Karena saya yakin Roh Kudus itu teratur dan nggak plin-plan.

Ada waktu dimana kita fokus dengar suara Tuhan waktu kita ada dalam kamar kita

Ada waktu dimana kita fokus melayani jiwa-jiwa dan memenuhi kebutuhan orang lain saat kita berkumpul bersama

Lebih jauh lagi saya mau katakan hal ini lebih bisa dilakukan di kelompok kecil, kalau di pertemuan besar paling hanya beberapa yang pelayanan aja yang bisa melakukan hal ini, karena itu sangat penting bagi orang Kristen untuk berkomunitas

Kalau kamu ke gereja atau ke suatu perkumpulan orang percaya tapi gak dengan tujuan utama membangun orang lain barangkali kamu itu cuma lagi menikmati acara aja

Tuhan Yesus Memberkati


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kidung Agung - Song of Solomon - Kisah Cinta Gadis Sulam

Seri Kehidupan Kekal 1 - Tempat Tinggal Setelah Sorga? Ukuran Yerusalem Baru

Mencobai Tuhan - Menguji Tuhan